Pendapat Saya Tentang Tawuran

Kalau ini gambar tawuran beberapa wakil rakyat yang terhormat

01. Saya tidak menyalahkan pelajar, guru maupun orang tua siswa. Mereka mungkin salah, tapi bukan mereka penyebab utamanya.

02. Telunjuk saya langsung ke pemimpin yang tidak becus sebagai penyebab kerusakan seluruh sendi kehidupan negeri ini

03. Remaja bertarung itu wajar, remaja keroyokan juga normal. Lihat sejarah atau berita negeri mana pun. Darah muda memang menggelora. Konflik pasti ada.

04. Seharusnya pemimpin negeri ini menyediakan sarana penyaluran darah muda yang nyaman, mudah diakses dan sesuai minat remaja.

05. Pemimpin negeri harus menyediakan fasilitas penyalur gelora muda yang positif dan sesuai minat, kalau bisa gratis.

06. Seharusnya banyak kompetisi dan pertandingan untuk kesehatan, kecerdasan dan pembangunan moral remaja

07. Sayangnya: di negeri ini darah muda tidak ada penyaluran atau kalau ada biayanya mahal/tidak menarik

08. Yang care dengan remaja adalah media iklan dan acara televisi yang tidak peduli moral.

09. Ada lagi pihak yang care dengan remaja: para liberalis dan pengusung kebebasan lesbian, gay, biseksual dan transgender.

10. Ditambah perilaku politisi yang memalukan tanpa keteladanan

11. Para pendidik sibuk mengejar sertifikasi untuk melipatkan penghasilan

12. Orang tua sibuk cari makan atau cari uang buat hidup mewah

13. Jadi wajar kalau banyak remaja (tidak semua!) hidup tanpa arah

14. Pemimpin tidak bisa diteladani, guru tidak bisa dicontoh, keluarga sibuk sendiri, hanya teman sebaya untuk berbagi

15. Ketika Mendikbud menanya AD siswa yg membunuh pelajar Yake66, dijawab: “saya puas Pak”. Saya tersenyum bacanya. http://id.berita.yahoo.com/mendikbud-syok-usai-temui-penikam-siswa-sma-yayasan-224118976.html

17. Itu jawaban tepat untuk mendikbud: pendidikan yang Anda kelola buruk. Lihat hasilnya. Begitu pesan yang saya tangkap dari AD.

18. Saya tidak punya jawaban tentang penanggulangan masalah remaja kita. Pakar sudah banyak yang ngomong.

19. Tapi marilah kita kembali menjadi manusia. Kembali pada hati dan budi pekerti. Tunjuk diri sendiri dan katakan: perbaikan remaja kita dimulai dari orang ini.

6 tanggapan untuk “Pendapat Saya Tentang Tawuran”

Tinggalkan Balasan

