Bermanfaat Bagi Orang Lain

Memberi manfaat bagi orang lain bisa dengan banyak cara. Yang paling kecil adalah dengan menghargai orang lain secara tulus. Misalnya dengan tersenyum manis ketika bertemu, menghapus prasangka dari hati dan menolak ketika orang-orang sedang membicarakan keburukannya. Konon, banyak manusia masa kini yang sangat membutuhkan penghargaan tulus dari orang lain. Mungkin karena terlalu sering membeli segala sesuatu sehingga ketulusan justru dianggap mahal dan langka.

Memberi manfaat yang lebih besar adalah dengan memberi manfaat kepada keluarga, orang terdekat dan masyarakat sekitar. Misalnya dengan menjadi ayah yang baik, ibu yang baik, anak yang baik dan anggota masyarakat yang baik.

Memberi manfaat yang paling besar adalah dengan menjadi penegak kebenaran dan keadilan. Ini tentu memerlukan kekuatan politik, ekonomi militer, sosbud dan berbagai elemen penunjang lainnya.

Maksud saya menulis ini sebenarnya untuk menganjurkan kita semua untuk selalu berusaha memberi manfaat. Kalau bisa yang terbesar, kalau tidak ya minimal yang paling kecil.

Memberi manfaat terbesar tentu nilainya juga besar, seperti mujahid di jalan Allah. Tetapi memberi manfaat kecil juga tidak boleh dilalaikan. Jangan sampai seperti peribahasa, harapkan bangau terbang tinggi punai di tangan dilepaskan (dalam konteks tulisan ini: mau memberi manfaat besar malah memberi manfaat kecil pun tidak).

Nabi Muhammad saw juga bersabda, “Janganlah kalian meremehkan perbuatan baik sekalipun sekedar menemui saudara dengan wajah berseri-seri.” (HR Muslim)

Mari memberi manfaat semampunya, dengan hati yang tulus ikhlas karena Allah semata.

 

16 tanggapan untuk “Bermanfaat Bagi Orang Lain”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s