Berpikir Positip

Sebenarnya pengen ngerjain PR sunshine dari http://jauhary.com/, tetapi waktu untuk nulis terasa kurang. Jadi sementara ditunda dulu.

Ada inspirasi baru tentang berpikir positip. Hehe… beberapa teman mungkin langsung ilfil ya? Membayangkan aku mau nulis motivasi berapi-api. Insya Allah enggak kok. Ini tulisan sederhana, seperti moto blog ini. Tidak akan ada anjuran untuk ‘memaksakan diri berfikir positif’ dalam tulisan di bawah.

Kemarin ketemu dengan seorang guru di daerah terpencil, sebut saja namanya Pak Murjani. Awalnya beliau tinggal di Jawa Timur sana, tetapi karena mendengar bahwa di Sumatera ada kehidupan yang lebih baik akhirnya ia pindah. Konon, ia mendengar kabar bahwa kalau di Jawa jual kambing, di Sumatera bakalan bisa beli kebo (kerbau).

Sesampai di Sumatera tepatnya provinsi Lampung kabupaten Way Kanan kecamatan Rebang Tangkas desa bla-bla-bla, beliau kemudian membeli tanah. Orang-orang menasihati, tanah yang dibelinya itu meski murah tapi tidak bisa ditanami. Tidak ada tanaman yang bisa tumbuh di atasnya.

Pak Murjani sempat berusaha menanam jeruk, ternyata benar setelah panen dua kali jeruk-jeruknya mati. Akhirnya pikir punya pikir, daripada berusaha menanam di tanahnya yang berbatu-batu, ia malah menjual batu-batu yang digali dari tanahnya tersebut.

Subhaanallaah… ternyata tanah itu memang berbatu sangat banyak. Saya tidak tahu luasnya, tetapi dari cerita beliau, banyak pembeli yang datang membawa angkutan sendiri untuk membeli batu darinya. Konon, sekarang kedalaman tanahnya sudah turun 4 meter dan ia, alhamdulillaah, sudah berhasil mendirikan yayasan, sekolah dan menggaji guru dari hasil usahanya tersebut. Ia berharap setelah batu di tanahnya habis, ia akan bisa menjadikannya sawah (bersawah dengan jualan batu lebih menguntungkan mana sih ya? Padahal dari cerita beliau, tampaknya jualan batu jauh lebih profitable).

Begitu teman-teman. Singkat kan? Intinya:

  1. Pak Murjani berani memutuskan untuk pindah setelah dengar kabar (jual kambing di Jawa bakal dapet kebo kalau ke Sumatera). Berani memutuskan.adalah awal setiap langkah besar.
  2. Pak Murjani pantang menyerah meski orang-orang mengatakan bahwa ia salah pilih lokasi. Ia yakin bahwa segala sesuatu ada manfaatnya.
  3. Pak Murjani antusias dalam hidup. Meski beliau bergaya hidup sederhana, beliau selalu menampilkan semangat di balik kata-katanya yang merendah.
  4. Ketika berhasil, bukannya foya-foya Pak Murjani malah bikin yayasan pendidikan. Bagus banget ya? Spiritual banget.
  5. Alhamdulillaah sudah tertulis cukup panjang. Kalau pembaca punya pesan-pesan positif lainnya, silakan tulis di komentar ya? Biasa, saya selalu pura-pura sibuk dan kurang punya waktu untuk ber-onlen-onlen…

Semoga bermanfaat, selamat berakhir pekan🙂

(Nama dan lokasi adalah fiktif, jadi tolong Pak Marjuni jangan marah kalau ada yang baca terus menuduh Bapak lah yang ditulis ya? Namanya sudah saya ubah kok)

6 tanggapan untuk “Berpikir Positip”

  1. Keberkahan pak..
    Sepertinya usaha pak murjani berkah, karena batu yang lingkungan sekitarnya menganggapnya bukan barang berharga, ternyata ditangan pak murjani bisa dipakai untuk mendirikan yayasan dan menggaji guru.
    Subhanalloh…

    1. Iya Akh Pendekar.
      Dan ane jadi sibuk berfikir, apa ya milik ane yang selama ini ane sia-siakan gara-gara orang lain bilang itu adalah tanah tandus….

      pengen banget mencontoh Mr. yang satu ini🙂

    1. kalau sekolahnya diwakafkan untuk umat, tentu itu menjadi shadaqah jariyah yang pahalanya bakalan selalu mengalir.

      Selain itu beliau juga mengajarkan ilmu yang bermanfaat. Semoga beliau ikhlas dan istiqamah sehingga ini juga menjadi amal yang pahalanya bakalan selalu mengalir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s