Nopen Nogen

Hidup tanpa tujuan itu membosankan, karena itu buatlah tujuan hidup yang jelas. Sesibuk apa pun, jangan sampai kita seperti sampah yang hanyut dibawa air: entah mau diprogram kemana, tiap hari hanya sibuk mencapai tujuan orang lain.

Ada tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Mungkin seperti membuat impian, membuat rencana lalu bikin jadwalnya. Cobalah mengobrol dengan beberapa pensiunan. Kita bisa melihat diantara mereka ada yang post power syndrome karena tidak tahu apa lagi yang mau dilakukan setelah biasa menjabat, ada pula yang makin bijak atau makin enerjik karena terbebas dari keharusan rutinitas.

Kalau suatu saat kita merasa stuck, bingung mau ngapain, besar kemungkinan itu karena kita kelelahan atau kehilangan tujuan. Kalau karena kelelahan cobalah beristirahat. Mendengarkan murattal di bawah pohon dekat sebuah sungai yang bergemericik bisa menenangkan. Boleh juga melakukan kegiatan lain yang lebih disukai. Kalau penyebabnya adalah kehilangan orientasi, cobalah untuk membuat sebuah tujuan singkat jangka pendek. Lalu kejar tujuan tersebut.

Orang bilang: ‘no pain no gain‘. Tampaknya, bahkan dalam pain itu sendiri ada gain, asalkan pain dilakukan untuk sebuah tujuan yang jelas. Seperti orang tua yang mengasuh anak-anaknya. Lelahnya sampai tidak terasa karena ia sangat mengharap kebaikan bagi anak tersebut. Ketika orang bilang ‘alangkah lelahnya mengasuh anak ya?’ dia bilang ya lelah… tetapi tidak ada nada putus asa dalam ucapannya.

Mungkin catatan lagi adalah bagi orang yang tidak punya tujuan. Meski sibuk, ia hanya sibuk mengejar tujuan orang lain. Atau ia punya tujuan tetapi tujuannya sebenarnya sarana, misalnya ‘pengen banyak uang’. Orang-orang begini sering tidak punya gain meskipun sudah berjuang keras. Yang ada, mereka hanya painful and more and more painful…

Eh udah mau berangkat. Semoga obrolan singkat ini bermanfaat ya….

8 tanggapan untuk “Nopen Nogen”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s