Masalah dan Keikhlasan

Masalah besar adalah masalah yang dihadapi dengan tidak ikhlas sedangkan masalah kecil adalah masalah yang dihadapi dengan ikhlas

Sebagai makhluk spiritual, besar kecilnya masalah tidak dilihat dari masalah itu sendiri melainkan dari bagaimana kesiapan kita menghadapinya.

Fisik ada yang gagah perkasa dan ada yang cacat tanpa daya, tetapi semua diberi ujian, bahkan tidak jarang ujian hidup si cacat lebih berat dan berbahaya.

Harta dan fasilitas juga demikian. Ada yang kaya bergelimang fasilitas, ada yang miskin sengsara. Orang melihat yang sudah sengsara malah makin banyak cobaannya.

Wajar kalau menjadi tanda tanya di kepala, mengapa diciptakan ujian untuk kita? Bagaimana Allaah akan menilai manusia sementara ujiannya beraneka dan fasilitasnya tidak sama?

Jawabnya, keikhlasan lah yang akan menjadi penentunya. Semakin meningkat keikhlasan, semakin mudah ujian-ujian itu di matanya. Karena orang yang ikhlas jiwanya setegar batu karang, ombak sebesar apa pun tak sanggup menggoyahkannya. Sementara orang yang tidak ikhlas jiwanya laksana pasir. Angin sepoi pun sanggup menerbangkannya.

Jadi kalau mau mudah menghadapi segala ujian, jangan semata mencari sarana dan prasarana. Tetapi latihlah keikhlasan agar mencapai level lillaahi ta’ala. Dalam setiap langkah hidupnya.

(Nanti ada tambahan tentang kebenaran amal, tetapi untuk sekarang kita bahas ikhlasnya saja)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s